Black Friday Indonesia

Dipostkan 01-11-2023
Ditulis oleh Cecilia Harjadan

 Apa itu Black Friday?

Black Friday merupakan perayaan promo besar-besaran yang diadakan secara global hampir di seluruh dunia untuk berbagai kategori produk. Awal mulanya Black Friday diadakan di United States Amerika sebagai permulaan sebelum memasuki promo Natal. Walaupun bukan merupakan Hari Libur Nasional, tetapi banyak perusahaan di US yang meliburkan karyawan nya pada hari ini agar dapat berkumpul bersama keluarga dan mulai mempersiapkan kebutuhan menyambut Natal.

Untuk memanfaatkan kesempatan ini, banyak pemilik toko memberikan promo diskon gila-gilaan guna menarik pembeli dan terbukti bahwa promo Black Friday dicatat sebagai hari belanja online tersibuk di Amerika.

Sekarang ini, promo Black Friday telah diadakan di banyak daerah dan menjadi tanggal penting bagi para pecinta online shopping untuk menikmati diskon besar-besaran dari berbagai toko favorit mereka.

Apa Itu Cyber Monday?

Cyber Monday selalu jatuh pada Hari Senin setelah minggu Black Friday dan merupakan acuan penting bagi para pemilik usaha di seluruh dunia. Tahun ini, Cyber Monday akan diadakan pada tanggal 27 November 2023. Jika dahulu nya Black Friday merupakan pesta promo untuk toko offline dan department store, berbeda dengan Cyber Monday yang lebih memberikan promo untuk produk yang dijual secara online. Kalian akan susah menemukan toko online yang tidak berpartisipasi dalam event promo ini.

Dari diskon untuk produk fashion, elektronik, dekorasi rumah, dan lainnya, tahun ini Cyber Monday diprediksi akan lebih besar dan promo nya lebih bagus dari biasanya. Jadi inget catat tanggal promo nya dan persiapkan daftar belanjaan mu mulai dari sekarang.

Apa itu Cyber Week?

Cyber Week merupakan minggu promo yang mencakup promo Cyber Monday dan Black Friday. Biasanya diadakan para Hari Senin dalam minggu Black Friday. Sebagai penanda dimulai nya promo ini, toko online biasanya akan memberikan diskon untuk jam-jam tertentu saja sebelum masuk ke promo Black Friday dan Cyber Monday weekend. Bagi para pecinta belanja online, ini merupakan cara yang tepat untuk mencari berbagai produk impian mu tanpa perlu bayar mahal.

 

black-friday-tips-01.png

1. Siapkan wishlist

Catat semua produk yang ingin kalian beli sebelum promo Black Friday berlangsung dan masukkan pada keranjang belanja atau wishlist sehingga pada saat sale tiba, kalian tinggal cek out pembayaran saja. Dengan begini, kalian tidak perlu takut kehabisan stok untuk produk-produk yang sudah kalian incar sejak lama.

2. Prioritaskan item pada daftar belanja Black Friday mu

Ada baiknya jika kalian sudah menyusun daftar produk dari atas ke bawah. Dengan cara ini, jika kalian kehabisan waktu atau server down, maka kalian sudah mendapatkan item yang paling diinginkan.

3. Berlangganan newsletter/ buletin

Pastikan kalian sudah berlangganan buletin dari toko online favorit mu untuk mendapatkan info terbaru mengenai promo dan diskon yang akan dikirim langsung ke email. Tentunya hal ini dapat membantu kalian untuk mengidentifikasi dengan tepat apa yang diinginkan sebelum promo Black Friday tiba.

4. Cek toko online favorit mu selama periode Cyber Week

Cyber week dimulai pada Hari Senin sebelum Black Friday, yaitu pada tanggal 20 November 2023. Selama periode ini, kalian akan melihat banyak sekali toko online yang mulai memberikan diskon menarik untuk produk-produk tertentu, seperti promo Blibli, promo Lazada, hingga promo perjalanan wisata Klook. 

5. Kunjungi situs saleduck.co.id!

Disini kalian bisa menemukan kumpulan promo dan kode promo spesial Black Friday dari berbagai toko online dengan mudah dan cepat. Jangan lupa untuk mendaftar akun member Komunitas Pecinta Promo Online Saleduck sebelum Black Friday tiba.

6. Saatnya belanja online!

Promo Black Friday bukan tanya untuk toko offline saja melainkan juga berlaku untuk toko online. Lupakan susah nya belanja di mall dimana kalian harus melalui antrian yang panjang hanya untuk membayar. Dengan berbelanja online, kalian cukup bermodalkan gadget dan internet saja untuk membeli semua produk yang di inginkan dengan harga super murah. Buat kalian yang mau belanja produk fashion, elektronik, atau keperluan rumah tangga murah, kalian bisa dapetin produknya dengan harga promo pakai kode voucher Bukalapak. Bukan cuma promo Bukalapak, kalian juga bisa nikmati promo Black Friday AliExpress, promo Alibaba, hingga produk promo Amazon dengan harga yang lebih murah.

7. Dapatkan manfaat dari promo sebelum dan sesudah promo Hari-H

Banyak situs toko online yang menawarkan promo lebih awal dan sesudah Black Friday. Jadi pastikan untuk selalu mengecek situs toko online beberapa hari sebelum dan setelah periode puncak promo belanja online untuk mendapatkan potongan harga hemat.

 

PROMO-BLACK-FRIDAY-01.png

Belanja Online Aman di Black Friday 2023

Meningkatnya traffic pada situs toko online selama periode Black Friday tentunya membawa peningkatan pada jumlah penjualan. Akan tetapi, tentu saja ada sisi negatif dari hal ini, yaitu Cybercrime. Masih banyak sekali kasus phishing atau situs toko online palsu yang marak terjadi sekarang ini. Tentu saja ini merupakan hal negatif yang membawa ketakutan bagi sebagian besar customer dalam melakukan transaksi online. Untuk itu, kalian harus menjadi pembeli yang pintar. Menjaga privasi dan keamanan akun sangatlah penting. Beberapa contoh kejahatan cybercrime, antara lain:

1. Link palsu

Digunakan untuk mengarahkan user ke situs palsu yang menjual produk online atau dalam beberapa kasus, akan menginstall malware/ virus/ perangkat lunak jahat ke komputer. Hal ini sering terjadi ketika seseorang memasukkan kata kunci "Top Promo Black Friday" dan lainnya. 

2. Phising email

Biasanya terjadi pada email yang dikirim oleh seseorang yang mengaku perwakilan dari lembaga/ sumber yang sah dengan tujuan untuk mendapatkan informasi mengenai kata sandi atau detail kartu kredit. Walaupun banyak orang yang semakin sadar akan model kejahatan seperti ini, tetapi hacker tetap saja masih ada dan terus berkembang.

Agar kalian aman dan terhindar dari cybercrime, sebaiknya kalian melakukan hal-hal dibawah ini:

  • Jika tampaknya terlalu mudah atau tidak normal seperti biasanya, kalian patut mencurigai.
  • Berpikir dahulu sebelum mengklik sebuah link.
  • Pastikan keamanan perangkat lunak gadget kalian sudah diperbaharui.
  • Hanya berbelanja dari situs web yang kalian kenal dengan baik, karena penjahat dunia maya tahu cara mensimulasikan situs untuk mengelabui user.
  • Waspada dalam membuat kata sandi atau password. Gunakan kombinasi antara angka, simbol, huruf besar, dan kecil. 
  • Jangan menggunakan komputer dan jaringan internet bersama. Jika kalian harus menggunakan nya, sebaiknya hindari kegiatan online seperti e-banking, belanja online, dan lain sebagainya yang mengharuskan kalian untuk memasukkan data pribadi. 
  • Buatlah akun khusus yang kalian gunakan untuk belanja online pada saat Black Friday dan Cyber Monday. Pastikan kalian memberikan informasi diri seminimal mungkin pada email yang digunakan. 
  • Pastikan ikon "gembok" berada pada browser saat kalian mengunjungi situs web tertentu. Dengan cara ini, kalian dapat memastikan situs tersebut aman dari penjahat cyber karena menggunakan enkripsi. 
  • Terakhir, pastikan kalian mengecek saldo rekening bank sesaat setelah selesai belanja online untuk memastikan jumlah uang yang dipotong sesuai dengan transaksi. 

 

Black Friday Mania

Dengan promo yang gila-gilaan, Black Friday tidak asing lagi dengan keramaian dan kerumunan besar para pecinta belanja yang haus akan diskon. Contohnya dengan apa yang terjadi di salah satu toko di Inggris ini 

Gak mau kan hal ini terjadi dengan kalian? Makanya mendingan belanja online saja dan cek semua promo Black Friday dan Cyber Monday terbaru di saleduck.co.id.

Komentar

Tidak ada komentar.

Berikan sebuah komentar