Tips Pencegahan & Pengendalian Virus Corona

Dipostkan 16-03-2020
Ditulis oleh Abrar

coro-02.png

Penyebaran virus COVID-19 atau Corona saat ini semakin mengkhawatirkan kita. Bagaimana tidak, penyebaran virus Corona ini terjadi begitu cepat dan semakin meluas di beberapa negara, termasuk di Indonesia. Pada awal Maret 2020 lalu, Presiden RI Joko Widodo mengumumkan bahwa ada dua WNI yang dinyatakan positif virus Corona sehingga membuat masyarakat menjadi was-was. Virus ini berkembang cepat dan menyerang ratusan orang di Indonesia dalam waktu kurang dari 1 bulan.

Tapi, kalian ga perlu takut kok karena sebenarnya kita dapat mengantisipasi penyebaran virus Corona ini dengan mengedukasi diri sendiri dan lingkungan sekitar. Edukasi mengenai virus berbahaya ini sangat bermanfaat agar kita bisa terhindar dari COVID-19 seperti bagaimana penyebaran virus terjadi, gejala bila terinfeksi, hingga tips pencegahan agar terhindar dari virus Corona.

Nah, disini Saleduck Indonesia sudah merangkum beberapa informasi mengenai Coronavirus Disease atau COVID-19 yang bisa kalian simak agar kita semua bisa terhindar dari salah satu virus berbahaya ini. 

Untitled-3-01.png

 

Penyebaran Virus Corona

Infeksi virus Corona disebabkan oleh kelompok virus yang menginfeksi sistem pernapasan kita. Dalam beberapa kasus, virus Corona hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan hingga sedang seperti flu. Tapi kalian juga harus tetap waspada, karena virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat loh. Virus Corona dapat menginfeksi siapa saja, apalagi virus ini sangat berbahaya bila terjadi pada orang lanjut usia, ibu hamil, orang yang sedang sakit, atau orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah. 

Lalu, bagaimana penyebaran virus corona terjadi?

  1. Penyebaran virus Corona dapat terjadi jika seorang penderita Corona bersin atau batuk dan secara tidak sengaja kita menghirup percikan ludah dari si penderita tersebut. Hanya butuh waktu 10 menit untuk tertular virus Corona ini dengan jarak sekitar 6 kaki melalui batuk atau bersin dari si penderita.
  2. Penularan virus juga bisa melalui sentuhan terhadap benda yang terdapat virus Corona. Jika secara tidak sengaja kita menyentuh benda yang terkena cipratan virus COVID-19, jangan sesekali menyentuh mulut, hidung, hingga mata. 
  3. Berjabat tangan atau bersentuhan dengan penderita juga dapat menularkan virus Corona.

 

Gejala Terkena Virus Corona

Gejala awal virus Corona dan flu biasa memang sulit dibedakan, karena gejala awal yang dialami sangat mirip. Gejala terinfeksi virus Corona diantaranya adalah pilek, sakit kepala, batuk, sakit tenggorokan, dan juga demam yang akan berlangsung dalam beberapa hari. Meskipun sulit dibedakan, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika menambahkan bahwa penderita yang terinfeksi Corona akan mengalami flu, batuk, sesak napas, sakit pada tubuh, hingga kedinginan. Gejala yang lebih spesifik biasanya baru bisa dilihat setelah 14 hari oleh pasien yang terinfeksi Corona. Virus ini juga dapat menyebabkan pneumonia, bronkitis, gagal ginjal, hingga kematian dalam kasus yang lebih parah. 

 

Bagaimana Kita Mencegah Corona?

Jangan terlalu panik dengan virus Corona sehingga membuat segala aktivitas kita jadi terganggu. Kita bisa mengurangi resiko terinfeksi virus Corona dengan menerapkan tips gaya hidup bersih dan mematuhi segala himbauan dari pihak berwenang. Nah disini Saleduck sudah merangkum beberapa tips yang bisa kita terapkan untuk mengurangi resiko terinfeksi salah satu virus berbahaya ini, diantaranya adalah:

1. Selalu mencuci tangan dengan sabun. 

Mencuci tangan adalah salah satu langkah yang paling sederhana untuk mencegah penyebaran virus Corona. Bukan sembarangan mencuci tangan aja ya guys, kalian harus mencuci tangan dengan benar. Gunakan sabun dan cuci tangan dengan air mengalir. Kalian harus basuh punggung tangan, sela-sela jari, pergelangan tangan, hingga sela-sela kuku dan jari hingga bersih. Jangan lupa keringkan tangan menggunakan tisu atau handuk bersih ya. 

Tapi kalau kalian sedang berada di transportasi umum atau tempat sulit air lainnya, kalian juga bisa gunakan hand sanitizer. Selalu gunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% supaya lebih efektif membasmi kuman.

Nah buat kalian yang mau beli sabun cuci tangan atau hand sanitizer, sekarang ga usah bingung dan takut kehabisan. Beberapa toko online sekarang menyediakan sabun dan hand sanitizer dengan harga normal loh. Salah satunya toko online Blibli, kalian bisa cek laman promo Blibli ini untuk dapetin berbagai produk kebersihan guna pencegahan virus Corona dengan harga yang lebih murah!

Image from iOS.jpg 

2. Gunakan masker saat beraktivitas.

Ada beberapa pendapat bahwa penggunaan masker lebih baik digunakan oleh para penderita atau orang yang dalam keadaan tidak fit. Tapi, alangkah baiknya kita juga menggunakan masker saat beraktivitas terutama saat berada di tempat umum. Karena kita tidak dapat menghindar saat orang disekitar kita bersin atau batuk, sehingga secara tidak sengaja cipratan saat bersin atau batuk bisa masuk melalui hidung atau mulut kita. Jadi tidak ada salahnya untuk menggunakan masker apalagi saat beraktivitas di luar rumah.

Untuk kalian yang merasa dalam kondisi tidak sehat, juga sangat disarankan untuk menggunakan masker. Orang dengan kondisi tidak fit juga rentan terhadap penularan virus Corona ini. 

Dengan meningkatnya permintaan masker di Indonesia, kita jadi sangat sulit untuk mendapatkan masker apalagi dengan harga normal. Banyak oknum yang menggunakan kesempatan ini untuk mencari keuntungan dengan menimbun masker kemudian menjual kembali dengan harga yang jauh lebih mahal.

RUPARUPA-PROMO-02.png

Tapi tenang aja guys! Kabar baik buat kalian yang memerlukan masker dan pengen beli dengan harga normal. Kalian bisa beli di laman promo Ruparupa yang satu ini! Kalian bisa beli masker dengan harga normal dan akan selalu di restock setiap harinya pada pukul 10.00 WIB dan 15.00 WIB oleh Ruparupa. Jadi kalian harus cek terus laman promo Ruparupa ini supaya kalian bisa dapetin masker dengan harga normal. Promo Ruparupa ini akan sangat membantu kalian untuk mendapatkan masker, apalagi untuk kalian yang sedang dalam kondisi tidak fit, bisa beli masker online di Ruparupa mulai dari Rp 7.900 aja.

Screenshot 2020-03-16 at 12.24.28 PM.png

Oya, kalian juga harus ingat ya bahwa sampah masker dikategorikan sebagai sampah medis. Jadi kalian harus buang masker di tempat sampah yang tepat setelah digunakan.

 

3. Menjaga daya tahan tubuh.

Dengan daya tahan tubuh yang prima dapat mencegah kita dari berbagai macam penyakit. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, kalian disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan dimasak dengan benar. Selalu konsumsi buah-buahan, sayuran, makanan berprotein, dan makanan sehat lainnya.

Selain itu, pola tidur yang benar dan cukup, tidak merokok, dan rutin berolahraga juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penularan virus Corona.

Nah buat kalian yang sibuk dan tidak memiliki waktu yang cukup untuk menyiapkan makanan di rumah, kalian bisa order makanan di beberapa restoran yang memang menyediakan berbagai makanan sehat. Saat ini, sudah ada beberapa restoran yang memang menyajikan berbagai menu makanan sehat terutama di kota-kota besar. Supaya kalian bisa pesan makanan online lebih murah, kalian juga bisa gunakan layanan pesan antar via aplikasi GrabFood dan masukkan kode promo MAKANHEMATOVO untuk dapetin diskon Rp 20.000. Jadi tetap jaga pola makan sehat walaupun dalam kondisi yang padat.

grab-promo-02.png

 

4. Kurangi aktivitas di luar rumah.

Sulit untuk mengetahui apakah orang disekitar kamu bebas dari virus Corona atau tidak, karena gejala awal yang ditimbulkan hampir sama dengan penyakit flu biasa. Untuk itu, coba kurangi aktivitas di luar rumah kecuali hanya untuk kebutuhan yang penting saja.

Seperti halnya berbelanja, lebih baik berbelanja secara online untuk mengurangi kontak fisik dengan orang disekitar agar dapat mengurangi resiko tertular virus Corona. Di zaman yang serba digital ini, kalian bisa beli produk apa saja yang kalian inginkan secara online, mulai dari produk kebutuhan rumah tangga, obat-obatan, stok makanan, dan produk lainnya. Kalian bisa coba berbelanja di Lazada Indonesia, Shopee, Blibli, iLotte, dan toko online lainnya untuk melengkapi berbagai kebutuhanmu tanpa harus keluar rumah.

 

5. Bersihkan berbagai permukaan benda yang sering disentuh.

Salah satu langkah agar terhindar dari penyebaran virus Corona adalah dengan rajin membersihkan barang dan permukaan yang sering kamu sentuh. Selalu bersihkan gagang pintu, handphone, remote TV, dan berbagai benda lainnya yang selalu kamu sentuh. Menurut penelitian National Institutes of Health di Amerika, bahan yang paling disukai virus Corona adalah stainless steel dan plastik. Dimana virus tersebut masih dapat dikumpulkan setelah tiga hari dan mungkin akan bertahan sedikit lebih lama. 

Jadi kalian harus jaga kebersihan barang-barang yang sering kalian digunakan. Jangan lupa juga usahakan untuk menggunakan cairan antiseptik atau pembunuh kuman lainnya yang bisa kalian beli di laman promo Shopee ini. Selain belanja secara online yang lebih aman, produk yang ada di laman promo Shopee ini juga diskon hingga 50% + gratis ongkir hingga Rp 50.000 loh.

shopee-promo-02.png 

 

Nah, sekarang kalian jadi lebih tau kan bagaimana cara menyikapi pandemi COVID-19 ini. Kenali cara penularannya, gejala jika terserang virus, dan cara pencegahannya agar kita semua dapat terhindar dari infeksi virus Corona ini. Share juga informasi ini ke teman kalian ya supaya kasus Corona di Indonesia dapat berkurang.

Jika kiat-kiat untuk menghindari Corona sudah kalian lakukan namun ciri-ciri dan gejala ini terjadi pada orang sekitar atau diri sendiri, sebaiknya langsung periksakan diri ke dokter atau kalian juga bisa langsung menghubungi Hotline Virus Corona (Kementerian Kesehatan RI) di 021-5210411 dan 081212123119.  

Komentar

Tidak ada komentar.

Berikan sebuah komentar