Mengenal “Sihir” Logo Starbuck Yang Membuatnya Bertahan

Dipostkan 03-08-2021
Ditulis oleh Rahmat

 

besariklan_4starbucks-logo.jpg

 

Saat ini banyak bermunculan kopi kemasan yang menjiplak ide awal dari Starbuck. Dengan mengusung konsep kopi siap minum, pelanggan dengan mudah mendapatkan kopi rasa variatif sekaligus tempat nongkrong yang nyaman. Siapa yang tidak mengenal Starbuck. Perusahaan industri kopi yang berasal dari Amerika ini sudah memiliki banyak cabang bahkan hampir di tiap negara. Starbuck memiliki sebuah logo yang cukup nyentrik dan unik. Biasanya logo terkesan simpel dan elegan, namun perusahaan ini memiliki logo yang unik. Tahukah Anda bahwa logo bergambar wanita ini memiliki makna yang cukup dalam. 

Awal mula logo Starbuck berasal pada tahun 1971, dan hingga saat ini logonya telah mengalami beberapa kali evolusi.Pada tahun 1971 Starbuck mulai dibuat oleh 3 orang yaitu Jerry Baldwin, Zev Siegi, dan Gordon Bowker. Saat itu mereka membutuhkan logo untuk produknya ini sehingga mereka meminta tolong seorang desainer yang terkenal waktu itu yaitu Terry HecklerLogo Starbuck bergambar seorang putri duyung yang berekor ganda. Inspirasinya ini berasal dari mitos yunani kuno atau yang sering di sebut Siren.  Siren memiliki dua buah ekor yang mencerminkan dua karakter putri duyung ini. Konon kecantikan putri duyung ini sangat mempesona. Banyak pelaut disana terlena akan kecantikan dan suara merdu dari putri ini, sehingga mereka terjebak di lautan. 

Sama halnya dengan kedai kopi ini. Banyak orang yang terlena dan bersantai di tempat ini sehingga tanpa sadar mereka sudah membuang buang waktu dan uang mereka begitu saja.Bagaimana miris kan arti sebenarnya dari logo ini? Bukan berarti kami ingin menjelek jelekkan kebiasaan ngopi ini. Bahkan meminum kopi sambil bersantai memiliki banyak manfaat. Salah satunya ketika Anda membutuhkan inspirasi. 

Sejarah logo Starbuck sudah kita bahas di atas, kurang lengkap jika kita tidak membahas mengenai strategi marketing yang mereka gunakan. Pada tahun 1986 logo perusahaan kopi ini bergambarkan putri duyung bertlanjang dada dan menonjolkan due ekor siripnya. Lalu pada tahun 1987-1992 logonya tidak menunjukkan putri duyung yang bertelanjang dada karena tertutup rambutnya, namun masih menunjukkan bagian pusarnya. Selain itu warna logonya juga berubah dari warna coklat ke warna hijau. 

       stb4.jpg    stb2.jpg

stb3.jpgstb5.jpg

 

Hingga sekarang Logo starbuck sudah tidak menunjukkan dada maupun pusarnya karena sudah tertutup rambut. Dalam pengembangan bisnisnya, Perusahaan ini mengembangkan berbagai inovasi hingga sekarang. Mulai dari menjual bukan hanya kopi, namun juga teh, coklat, green tea bahkan camilan. Rahasia semakin besarnya perusahaan ini bukan hanya pada logo namun juga terletak pada inovasi dan pelayanan yang diberikan. Salah satu strategi marketing yang cukup menarik dan meningkatkan penjualannya 2x lipat adalah strategi promosi di jam jam tertentu. Mereka melakukan diskon pembelian di pagi dan sore. Waktu tersebut sangat sesuai dengan kebiasaan orang minum kopi. Hasilnya? Penjualan mereka dapat naik hingga 2x lipat berkat strategi ini. 

Semoga artikel ini dapat membantu Anda memahami pentingnya sebuah logo dalam bisnis Anda. 

 

Mengenal “Sihir” Logo Starbuck Yang Membuatnya Bertahan.jpg

Komentar

Tidak ada komentar.

Berikan sebuah komentar